Menteri Koperasi dan UKM RI Ground Breaking Pabrik Minyak Goreng Merah APKS KK -->

Menteri Koperasi dan UKM RI Ground Breaking Pabrik Minyak Goreng Merah APKS KK

05/10/2024, 10/05/2024
Foto: Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM RI melakukan Ground Breaking Pabrik Minyak Makan Merah APKS Keling Kumang, Sabtu (5/10/2024).

SEKADAU - Frans Zeno, S.STP, Pjs Bupati Sekadau mendampingi Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM RI melakukan Ground Breaking Pabrik Produsen Minyak Makan Merah APKS Keling Kumang, Sabtu (5/10/2024).

Pada kesempatan tersebut, Frans Zeno menyampaikan ucapan selamat datang kepada Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia .

Kepada produsen Pabrik Minyak Makan Merah APKS Keling Kumang, Frans Zeno berharap dengan adanya pabrik ini nantinya untuk dapat menyerap tenaga kerja yang ada di Kabupaten Sekadau.

"Ini merupakan pabrik produksi minyak goreng merah yang pertama di kabupaten sekadau," ucapnya.

Dikatakannya, Pemerintah akan terus mensupport koperasi dan petani demi memajukan perekonomian rakyat. Selain itu, akan memberikan dampak positif bagi petani dan pekebun yang akan menjual hasil perkebunannya ke koperasi dengan harga yang terjangkau dan lebih tinggi.

Selain itu, Koperasi Keling Kumang adalah koperasi yang berakreditasi baik. APKS Keling Kumang juga terus melakukan pembinaan kepada anggotanya.

Untuk ketersediaan bahan baku, Ia menyarankan supaya pihak APKS menjalin kerjasama dengan pabrik-pabrik CPO yang ada di wilayah kabupaten sekadau.

"Harapan kita, dengan diletakkannya batu pertama pabrik minyak makan merah ini akan membuka kesempatan seluas-luasnya untuk angkatan kerja di kabupaten sekadau. Selamat kepada APKS Keling Kumang, semoga berjalan lancar seperti yang diharapkan," ujarnya.

Ditempat yang sama, Asisten perekonomian dan pembangunan Provinsi Kalbar, Drs Ignasius Ika menyampaikan amanah Pj Gubernur Kalbar yang berhalangan hadir pada ground breaking pabrik produsen minyak makan merah APKS KK. Dengan hadirnya pabrik ini akan meningkatkan pendapatan petani kelapa sawit yang ada di Kabupaten Sekadau.

Kedepannya diharapkan sektor industri dapat bersinergi dengan sektor kesehatan dalam mewujudkan perekonomian yang maksimal. Suksesnya proyek tergantung komitmen dan konsistensi bersama sehingga akan berdampak positif.

"Selamat atas Peletakan batu pertama koperasi produsen minyak makan merah yang dilakukan langsung oleh kementrian perkoperasian RI hari ini," ucapnya.

Mewakili Menteri Koperasi dan UKM, Deputi Perkoperasian Ahmad Zabadi.,SH.,MM menyampaikan permohonan maaf menteri koperasi berhalangan hadir karena masih dalam proses pemulihan kesehatan.

"Peletakan batu pertama pabrik minyak makan merah ini yang kedua di Kalimantan Barat. Yang pertama di kabupaten Sanggau dan hari ini di Sekadau," ujarnya.

Dijabarkannya, Minyak Makan Merah produksi APKS KK merupakan salah satu minyak goreng terbaik dengan bahan baku kelapa sawit yang diambil dan disuplai dari keanggotaan dan kelompok tani sesuai instruksi presiden kepada kementerian koperasi.

"Minyak makan merah adalah minyak yang aman dikonsumsi langsung. Selain itu, bisa digunakan sampai 7 kali pemanasan dengan suhu 170°," tukas Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM RI dalam sambutannya sebelum meletakkan batu pertama pembangunan pabrik produsen minyak makan merah APKS Keling Kumang.


TerPopuler