Timnas Indonesia Tahan Imbang Australia -->

Timnas Indonesia Tahan Imbang Australia

10/09/2024, 9/10/2024
Foto: Timnas Indonesia Vs Australia Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia.

JAKARTA - Pertandingan kedua lanjutan putaran 1 Round 3 Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia, Timnas Indonesia menjamu Timnas Australia di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pusat, Selasa (10/9/2024) malam pukul 19.00 Wib.

Timnas Indonesia dihadapan puluhan ribu suporter yang memadati tribun GBK, Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Australia 0:0. Australia yang merupakan salah satu langganan piala dunia yang bertengger diperingkat 24 FIFA sementara Indonesia berada di peringkat 133 FIFA.

Timnas Indonesia langsung tancap gas memberi tekanan ke pertahanan Australia. Pada 10 menit babak pertama berjalan, Skuad Garuda sukses mengurung para pemain Socceroos. Dua peluang emas tercipta melalui kaki Sandy Walsh dan Rafael Struick, tapi bola masih bisa dihalau kiper Mathew Ryan.

Memasuki pertengahan pertandingan, Australia mulai bisa mengambil alih permainan. Mereka memanfaatkan bola-bola mati untuk menciptakan kemelut, lalu mengancam gawang Timnas Indonesia. Peluang berbahaya tercipta melalui tendangan keras Keanu Baccus yang diblok Justin Hubner, bola liar jatuh ke kaki Mitchell Duke yang langsung melepaskan tendangan keras pada menit ke-20, tapi bola berhasil ditepis Maarten Paes.

Maarten Paes kembali melakukan penyelamatan dari sundulan Harry Souttar pada menit ke-22 yang membuat gawang Indonesia terhindar dari bahaya.

Setengah jam babak pertama berjalan, tempo permainan mulai menurun. Australia masih mendominasi dengan 61 persen penguasaan bola, berbanding 39 persen milik Indonesia. Akan tetapi, serangan Jackson Irvine masih bisa dipatahkan barisan pertahanan Pasukan Garuda.

Australia mendapat peluang emas lewat sepakan Nestory Irankunda pada menit ke-33. Bola mengarah ke tiang gawang dan sempat mengenai badan Maarten Paes, tetapi bola liar hanya bergulir di depan garis gawang dan langsung dibuang oleh salah satu bek Indonesia.

Memasuki 10 menit akhir babak pertama, Timnas Indonesia mulai bisa keluar dari tekanan, tetapi upaya serangan balik mereka kerap patah di area sepertiga akhir Australia. Hingga turun minum, skor 0-0 bertahan.

Penjaga gawang Maarten Paes menjadi bintang bagi Skuad Garuda. Ia tercatat melakukan tiga penyelamatan penting yang membuat gawang Indonesia terhindar dari bahaya.

Memasuki paruh kedua, Australia terus meningkatkan serangan dan bahkan mengurung pertahanan Indonesia.
Dengan pengalaman kelas eropa, pemain Timnas Indonesia berangsur mampu keluar dari tekanan dan beberapa kali melakukan serangan balik.

Tercatat beberapa kali peluang emas tercipta tapi sayang tidak dapat dikonversikan menjadi gol, salah satunya lemparan tangan dewa Pratama Arhan yang berhasil dijangkau kiper Australia.

Sampai habis masa injury time 6 menit, kedudukan masih tetap imbang sampai wasit meniupkan peluit panjang skor tetap berakhir 0:0. (***)



TerPopuler