Plh. Sekda Landak Buka Kegiatan Hari Anak Nasional Tahun 2024 -->

Plh. Sekda Landak Buka Kegiatan Hari Anak Nasional Tahun 2024

06/09/2024, 9/06/2024
Foto: Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Landak Heri Adiwijaya.

LANDAK - Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Landak Heri Adiwijaya mewakili Pj. Bupati Landak membuka kegiatan Hari Anak Nasional (HAN) Kabupaten Landak Tahun 2024 dengan tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju". Bertempat di Aula Besar Kantor Bupati Landak, Jumat (6/9/2024).

Dalam kesempatan tersebut Plh. Sekda Landak Heri Adiwijaya menyampaikan setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang, serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi yang mana hak-hak anak tersebut dijamin oleh negara dalam UUD 1945, Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak, Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, dan Konvensi Hak-Hak Anak.

“Anak adalah generasi penerus bangsa, oleh sebab itu hak anak adalah bagian dari hak asasi manusia yang wajib dijamin, dilindungi dan dipenuhi oleh orang tua sebagai lingkungan yang pertama dan utama. Selain itu, keluarga, masyarakat, negara, pemerintah dan pemerintah daerah juga berperan dalam memenuhi hak anak,” ujar Heri.

Lebih lanjut Heri mengungkapkan bahwa anak adalah amanah sekaligus karunia Tuhan Yang Maha Esa, yang senantiasa harus kita jaga, karena dalam dirinya melekat harkat, martabat dan hal-hal sebagai manusia yang harus dijunjung tinggi. Hak asasi anak merupakan bagian dari hak asasi manusia (HAM) yang termuat dalam Undang-Undang Dasar 1945 dan Konvensi PBB tentang Hak-hak Anak.

“Dua puluh satu tahun mendatang tepatnya di tahun 2045, Indonesia akan genap berusia satu abad. Seberapa besar nilai investasi yang saat ini ditanam untuk meningkatkan kualitas hidup anak Indonesia, baik dari aspek kesehatan, pendidikan, perlindungan, nilai-nilai, karakter, bahkan rasa aman, akan menjadi penentu kegemilangan negeri ini di era emasnya nanti, bahkan untuk masa-masa selanjutnya. Dari sisi kehidupan berbangsa dan bernegara, anak adalah masa depan bangsa dan negara,” tutur Heri. (**)

TerPopuler