Kades Ensalang Apresiasi Pemkab Sekadau Telah Memulai Program Pembangunan Rumah Adat Di Ensalang -->

Kades Ensalang Apresiasi Pemkab Sekadau Telah Memulai Program Pembangunan Rumah Adat Di Ensalang

14/09/2024, 9/14/2024
Foto: Peletakan batu pertama pembangunan rumah adat di Dusun Ensalang.


SEKADAU - Memasuki masa akhir jabatan, Bupati Sekadau, Aron secara resmi meletakkan tiang pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan rumah adat dusun Ensalang pada Minggu 14 September 2024.


Pada kesempatan tersebut, Aron mengatakan pembangunan rumah adat ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk melestarikan adat budaya lokal di Kabupaten Sekadau.


"Pembangunan rumah adat ini juga disebut orang merupakan simbol penting bagi identitas dan tradisi masyarakat adat Dayak, khususnya Dusun Ensalang," ujar Aron.


Selain itu, pemerintah daerah juga fokus membangun rumah adat sebagai upaya memajukan budaya daerah melalui pembangunan rumah adat yang termasuk dalam visi misi pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau.


"Selama 3 tahun ini kita menjabat, sudah dapat membangun beberapa rumah adat di beberapa dusun dan desa. Untuk jalur jalan Sanggau kita mulai bangun dari dusun Amak, Sungai Kunyit kemudian Ensalang," Lanjut Aron. 


Begitu juga diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sekadau, Fran Dawal dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan rumah adat ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam membangun sarana budaya.


Untuk itu, Dawal meminta kepada masyarakat di Ensalang untuk dapat memanfaatkan rumah adat ini dengan sebaik-baiknya agar nanti setelah selesai pembangunannya para kaum muda bisa berkreasi untuk melestarikan adat dan budaya.


Sementara itu, Kepala Desa Ensalang, Kristoforus Slamet Suryadi dalam sambutannya menyambut baik pembangunan rumah adat di dusun ensalang yang tahun ini dibangun oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau. 


"Penantian yang selama ini kami nanti-nantikan akhirnya terwujud pada hari ini, kami sangat bersyukur atas dukungan dari Bupati dan pemerintah daerah rumah adat ini nantinya akan menjadi pusat kegiatan budaya dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat kami di dusun Ensalang," ujar kades. 


Acara peletakan tiang pertama rumah adat ini dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Sekadau, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas PTSP, Camat Sekadau Hilir, Kapolsek Sekadau Hilir, Pastor, Tokoh masyarakat dan masyarakat Dusun Ensalang.

TerPopuler