Gerak Cepat, Sat Samapta Polres Landak Hentikan Aksi Balapan Liar -->

Gerak Cepat, Sat Samapta Polres Landak Hentikan Aksi Balapan Liar

16/09/2024, 9/16/2024
Foto: Sat Samapta Polres Landak Sterilkan kawasan Gor Patih Gumantar, Landak dari Aksi Balapan Liar.

LANDAK - Maraknya aksi balap liar dengan menggunakan knalpot brong dikawasan Gor Patih Gumantar, Landak yang menimbulkan kebisingan masyarakat sekitar.

Menindaklanjuti laporan dari warga, Personel Sat Samapta Polres Landak, dipimpin oleh Kasat Samapta Iptu Teguh Supriadi, segera merespons dengan cepat melaksanakan patroli di lokasi dengan menggunakan kendaraan dinas patroli. Langkah ini diambil untuk mencegah balapan liar serta menjaga ketertiban di lingkungan tersebut.

Di tengah patroli, petugas menemukan seorang ibu bersama anaknya yang terjatuh dari motor akibat terkejut oleh suara bising knalpot brong dari para remaja yang balap liar. Sat Samapta Polres Landak segera memberikan bantuan kepada ibu tersebut dan memastikan kondisinya baik.

Kapolres Landak, AKBP Siswo Dwi Nugroho, S.H., S.I.K, melalui Kasat Samapta Iptu Teguh Supriadi mengatakan bahwa patroli ini merupakan langkah cepat yang diambil setelah menerima keluhan masyarakat terkait balapan liar.

“Kami menerima laporan dari warga mengenai balapan liar yang semakin meresahkan, terutama dengan suara bising dari knalpot brong. Hal ini sangat mengganggu kenyamanan warga sekitar, dan kami langsung melakukan patroli di kawasan tersebut guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Beliau juga menambahkan bahwa tindakan tegas akan diambil terhadap para remaja balapan liar yang tidak hanya membahayakan diri mereka sendiri, tetapi juga pengguna jalan lain. 

"Kami akan terus meningkatkan patroli dan pengawasan di lokasi-lokasi yang rawan, terutama pada jam-jam rawan terjadinya balapan liar," tambahnya.

Iptu Teguh Supriadi berpesan kepada para remaja agar tidak terlibat dalam balapan liar yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. 

"Kami mengimbau kepada para remaja untuk tidak terlibat dalam aksi balap liar. Selain berisiko mencelakakan diri, hal ini juga dapat mengganggu ketertiban umum dan kenyamanan warga. Mari kita jaga keamanan dan keselamatan bersama di jalan raya,"Keselamatan di jalan adalah prioritas utama, dan kami berharap masyarakat, terutama para pemuda, dapat lebih bijak dalam berkendara dan mematuhi peraturan lalu lintas," tutup Iptu Teguh.

Salah satu warga yang berada di lokasi tersebut menuturkan bahwa balapan liar yang kerap terjadi di kawasan tersebut sangat mengganggu kenyamanan masyarakat. 

“Suara knalpot brong sangat bising dan mengganggu kami, terutama di sore hari. Apalagi, balapan liar ini juga membahayakan pengguna jalan lainnya,” ujarnya.

Warga tersebut juga mengapresiasi tindakan cepat pihak kepolisian khususnya Sat samapta Polres Landak yang langsung turun ke lapangan dan membubarkan aksi balap liar. “Kami merasa lebih tenang dengan kehadiran polisi yang cepat bertindak, semoga balapan liar ini tidak terjadi lagi,” tambahnya. (***)


TerPopuler