Rekoleksi Pemimpin Umat Se_Dekenat Salib Suci Sekadau -->

Rekoleksi Pemimpin Umat Se_Dekenat Salib Suci Sekadau

09/08/2024, 8/09/2024


Foto: Bupati Sekadau, Aron mengikuti rekoleksi pemimpin umat katolik se_dekenat salib suci keuskupan sanggau.

SEKADAU - Bupati Sekadau, Aron menghadiri pembukaan Rekoleksi pemimpin umat SeDekenat Salip Suci Sekadau keuskupan Sanggau. Kegiatan Rekoleksi tersebut bertujuan untuk Memahami dan Menghidupi Liturgi dalam Hidup Menggereja, berlangsung Jumat (9/8/2024) di gedung Ketaketik Sekadau.


Kedatangan Bupati beserta rombongan disambut dengan dengan Pomang Adat, dilanjutkan dengan pengalungan syal kepada Bupati Sekadau, Uskup Keuskupan Sanggau dan para tamu undangan lainnya dan dilanjutkan dengan tarian piring. 


Kemudian acara dilanjutkan dengan misa pembukaan yang dipimpin oleh Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr. Valentinus Saeng, CP.


Sementara itu, dalam arahannya Bupati menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan agenda pertama oleh Dekenat, pemerintah daerah kabupaten Sekadau sangat mendukung kegiatan Rekoleksi pemimpin umat ini, yang tujuannya untuk menambah kinerja para pemimpin umat. 


Berkembangnya orang kita, tidak lepas dari peran para Pastor dimasa lalu, yang mana para misionaris itulah telah mendirikan sekolah-sekolah, dan sekarang kita orang kampung bisa sekolah dan puji Tuhan dengan dengan pemekaran kabupaten Sekadau dari tahun 2003 sampai sekarang perkembangan umat Katolik sudah banyak dan berkembang.


"Kemajuan umat Katolik dalam bidang pendidikan tidak terlepas dari peran para pastor pada masa lalu," katanya.


Sehingga sampai sekarang orang-orang Katolik bisa menjadi pegawai maupun Imam. Pada kesempatan itu Bupati juga menyampaikan, bahwa pemerintah daerah kabupaten Sekadau komitmen untuk membangun tempat-tempat ibadah. Tidak lama lagi kita akan meresmikan Gedung Gereja paroki Rawak.


"Kami pemerintah Daerah kabupaten Sekadau sangat komitmen untuk membangun tempat-tempat ibadah, khususnya Gereja, sejak kepemimpinan kami sudah banyak yang kita bangun," tutup Aron. 


Ditempat yang sama Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr. Valentinus Saeng, CP menyampaikan terimakasih kepada pemerintah daerah kabupaten Sekadau yang setiap tahun selalu membantu Gereja. 


"Terimakasih kepada pemerintah daerah kabupaten Sekadau, dimana untuk umat Katolik setiap tahunnya mendapat bantuan tidak kurang dari 20 milyar," sebutnya.


Bahkan untuk diketahui bahwa bantuan dana hibah pemerintah daerah kabupaten Sekadau untuk Keuskupan lebih banyak dari pemerintah daerah kabupaten Sanggau.


"Artinya pemerintah daerah kabupaten Sekadau sangat komitmen membangun keimanan umat beragama melalui sarana ibadah," ucapnya.


Pada kesempatan itu juga Uskup berpesan kepada para pemimpin umat untuk menggunakan kesempatan ini dengan baik,sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja. 


"Saya harap kegiatan ini bermanfaat bagi pemimpin umat untuk bagaimana membawa liturgi dan menjalankan tugasnya. Gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja,' pesan Uskup.


Kemudian acara dilanjutkan dengan pemukulan gong sebanyak tujuh kali oleh Uskup sebagai tanda dibukanya kegiatan Rekoleksi pemimpin Umat se- Dekenat Salip Suci Sekadau.


Menurut dia, bahwa peran pemimpin umat sangatlah penting di setiap stasi. Pemimpin umat adalah ujung tombak gereja untuk mewartakan Injil dan menjalankan perintah gereja di setiap stasi-stasi yang ada dikampung-kampung.


"Walau tidak digaji, namun bapak ibu pemimpin umat dengan semangat tetap menjalani tugas sebagai pelayan gereja yang baik," pungkasnya.


Pastor Dekanat Salip Suci Sekadau, Pastor Martinus, CP menyampaikan kegiatan Rekoleksi pemimpin umat seDekenat Salip Suci Sekadau ini diadakan untuk menambah kinerja pemimpin umat di stasi-stasi. 


Kegiatan Rekoleksi ini di latar belakangi dengan hasil dialog kami bersama Pastor seDekenat Sekadau untuk mengumpulkan seluruh pemimpin umat se-kabupaten Sekadau, salah satu kegiatan ini dilakukan untuk menambah kinerja pemimpin umat dalam menjalankan tugasnya di stasinya masing-masing.


"Semoga dengan dilakukannya Rekoleksi pemimpin umat ini, para pemimpin umat bisa saling kenal dan pemberkatan iman," harapnya.


Hadir pada kegiatan tersebut kepala dinas Sosial Martinus Ridi, Asisten Heronimus, Kasat Pol PP Paulus Ugang, serta undangan lainnya para pastor seDekenat Sekadau.

TerPopuler