Polres Sekadau Gelar Tactical Floor Game Pengamanan Pilkada 2024 -->

Polres Sekadau Gelar Tactical Floor Game Pengamanan Pilkada 2024

20/08/2024, 8/20/2024
Foto: Tactical Floor Game Pengamanan Pilkada 2024 di Polres Sekadau.

SEKADAU - Polres Sekadau melaksanakan Tactical Floor Game (TFG) sebagai langkah strategis dalam menyusun taktik dan strategi pengamanan Pilkada Serentak 2024 di wilayah Kabupaten Sekadau. Kegiatan ini berlangsung di Aula Bhayangkara Patriatama pada Selasa (20/8/2024).

Dalam pelaksanaan TFG ini, dihadiri oleh Kapolres Sekadau, AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si., Kabagops Polres Sekadau, Kompol Samsul Bakri, S.H., M.H., serta para pejabat utama, Kapolsek jajaran, dan anggota Polres Sekadau. TFG yang diselenggarakan ini merupakan simulasi yang menggambarkan langkah-langkah pengamanan Pilkada di Kabupaten Sekadau.

TFG ini juga merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja Kapuas 2024, yang akan dilaksanakan pada 27 Agustus mendatang dengan melibatkan 280 personel. Sehari sebelumnya, Polres Sekadau telah melaksanakan Latihan Pra Operasi (Latpraops) sebagai bagian dari persiapan awal.

Kabagops Polres Sekadau Kompol Bakri, menjelaskan bahwa TFG ini berfungsi sebagai sarana koordinasi antar satuan tugas (Satgas) dalam operasi Mantap Praja Kapuas. Ada enam Satgas yang terlibat, yaitu Preemtif, Preventif, Kamseltibcarlantas, Gakkum, Humas, dan Ban Ops.

"Setiap satgas memiliki tugas dan fungsi yang jelas, mulai dari menjaga ketertiban hingga melakukan penegakan hukum jika diperlukan. Dalam simulasi ini, tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Sekadau digambarkan secara rinci, dari situasi rawan hingga eskalasi yang berpotensi menjadi sangat rawan dan akhirnya kembali aman," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa skenario simulasi termasuk mengatasi potensi ketidakpuasan sekelompok massa yang melakukan unjuk rasa di kantor penyelenggara Pemilu. Dalam situasi ini, Kasatgas, Kasubsatgas, dan seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Mantap Praja siap melaksanakan langkah-langkah pengamanan untuk mengendalikan situasi.

Dalam pelaksanaan TFG tersebut, Kapolres Sekadau AKBP Nyoman Sudama, dalam arahannya, menekankan pentingnya kesiapan seluruh personel dalam menghadapi segala kemungkinan yang terjadi selama pelaksanaan Pilkada.

"Kesuksesan pengamanan Pilkada tidak hanya bergantung pada strategi yang matang, tetapi juga pada koordinasi yang baik setiap satgas dan juga instansi lainnya," ujar Kapolres.

"Dengan dilaksanakannya TFG ini, diharapkan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Sekadau dapat berjalan lancar, aman, dan damai, serta mencerminkan semangat kebersamaan dan persatuan di tengah masyarakat," pungkasnya.

TerPopuler