Ombudsman RI Perwakilan Kalbar Beri Penilaian Pelayanan Publik di Polres Sekadau -->

Ombudsman RI Perwakilan Kalbar Beri Penilaian Pelayanan Publik di Polres Sekadau

08/08/2024, 8/08/2024
Foto: Ombudsman RI Perwakilan Kalbar Melakukan Penilaian Pelayanan Publik di Polres Sekadau.

SEKADAU - Tim Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat melakukan kunjungan ke Polres Sekadau pada Kamis (8/8/2024) untuk menilai kualitas pelayanan publik di lingkungan kepolisian. Kedatangan tim disambut oleh Kapolres Sekadau bersama para pejabat utama.

Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya Ombudsman untuk memastikan bahwa pelayanan publik yang diberikan oleh instansi pemerintah, termasuk kepolisian, memenuhi standar yang telah ditetapkan.

Kapolres Sekadau AKBP I Nyoman Sudama, menyampaikan melalui Kasiwas Polres Sekadau IPDA Jumadi, bahwa penilaian tersebut meliputi beberapa satker pelayanan yang ada di Polres Sekadau.

"Beberapa layanan kepolisian yang menjadi fokus penilaian antara lain pelayanan SIM, SKCK, SPKT, dan pengaduan masyarakat (Dumas)," jelas IPDA Jumadi.

IPDA Jumadi menuturkan, dalam proses penilaian, Tim Ombudsman didampingi oleh sejumlah pejabat utama Polres Sekadau. Mereka turut serta dalam setiap tahap penilaian untuk memastikan bahwa evaluasi berlangsung secara objektif dan transparan.

"Metode penilaian yang diterapkan oleh Tim Ombudsman mencakup berbagai aspek, seperti menjawab secara tertulis pertanyaan yang diajukan oleh tim kepada Kasubsatker yang bertanggung jawab atas layanan publik dan operatornya,"tutur IPDA Jumadi.

"Selain itu, tim juga melakukan wawancara langsung dengan Kasubsatker dan operator, serta melakukan pengecekan terhadap fasilitas pelayanan publik yang tersedia di Polres Sekadau, termasuk kelengkapan administrasi dan perangkat lunak pendukung," ujarnya.

IPDA Jumadi mengatakan bahwa, secara umum, hasil penilaian dari Ombudsman menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik di Polres Sekadau sudah cukup baik. Hasil penilaian tersebut akan menjadi tolak ukur terkait pelayanan publik dan pemenuhan standar yang telah ditetapkan.

"Atas nama pimpinan, kami sangat mengapresiasi penilaian dari Tim Ombudsman dan akan menjadikan hasil ini sebagai motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik di Polres Sekadau. Kepuasan masyarakat adalah prioritas kami, dan kami berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik," harapnya. (**)

TerPopuler