KPU Sekadau Sosialisasikan Tahapan Pilkada Ke Pemilih Pemula -->

KPU Sekadau Sosialisasikan Tahapan Pilkada Ke Pemilih Pemula

12/08/2024, 8/12/2024

 

Foto: Siti Nur Aisah, anggota KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia.

SEKADAU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau menggelar kegiatan sosialisasi terkait pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sekadau tahun 2024 di SMA Negeri 1 Sekadau Hilir. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi generasi muda, khususnya siswa kelas XII (pemilih pemula).


Acara yang berlangsung pada Senin, (12/8) ini di pimpin langsung oleh Siti Nur Aisah, anggota KPU Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih Parmas dan SDM), beliau menyampaikan pentingnya peran pemilih muda dalam pemilu. Ia menjelaskan prosedur dan tata cara pemilihan yang harus diikuti, serta dampak penting dari partisipasi pemilih dalam menentukan masa depan daerah.


Setelah itu, pemaparan materi kedua disampaikan oleh Nur Soleh, anggota KPU Divisi Hukum dan Pengawasan. Dalam sesinya, Nur Soleh menekankan aspek-aspek hukum yang harus diperhatikan oleh pemilih serta pentingnya menjaga integritas dan kejujuran selama proses pemilihan. Ia juga mengingatkan siswa akan konsekuensi hukum dari pelanggaran pemilu, baik bagi penyelenggara maupun peserta pemilu.


Para siswa kelas XII SMA N 1 Sekadau Hilir tampak antusias mengikuti sosialisasi ini. Mereka aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab, menunjukkan ketertarikan dan kesadaran akan pentingnya pemilu. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan partisipasi pemilih muda dalam pemilu tahun 2024 dan menjadikan mereka pemilih yang cerdas dan bertanggung jawab.


Dengan kegiatan sosialisasi seperti ini, KPU Kabupaten Sekadau berkomitmen untuk terus memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama generasi muda, demi suksesnya penyelenggaraan pemilu yang bersih dan demokratis.


TerPopuler