Dukung Ketahanan Pangan, Bupati Sekadau Hadiri Panen Raya Perdana Di Desa Timpuk -->

Dukung Ketahanan Pangan, Bupati Sekadau Hadiri Panen Raya Perdana Di Desa Timpuk

15/08/2024, 8/15/2024
Foto: Bupati Sekadau, Aron menghadiri Panen Raya perdana di Desa Timpuk, Sekadau Hilir.

SEKADAU - Bupati Sekadau, Aron menghadiri panen perdana kelompok Tani Suka Makmur di Dusun Bumi Rejo, Desa Timpuk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kamis (15/8/2024).

Selain Bupati sekadau beserta Ketua TP PKK Kabupaten Sekadau, kegiatan juga dihadiri Anggota DPRD Yodi Setiawan, Anggota DPRD terpilih Yanto Linus, Camat Sekadau Hilir Gustar Indarto, Plt Kadis Dkp3, Kadis Perizinan, Kapolsek Sekadau Hilir, Danramil Sekadau Hilir, Kepala Desa Timpuk, PPL Kecamatan Sekadau hilir serta para kelompok Tani yang ada di desa timpuk.

Kegiatan diawali penyerahan bantuan bibit padi unggul serta alat pertanian oleh Bupati Sekadau kepada kelompok Tani di desa timpuk.

Ketua Kelompok Tani Suka Makmur, Darsono menyampaikan rasa syukur dan terimakasih atas kehadiran Bupati beserta istri dan rombongan yang telah sudi hadir memenuhi undangan kelompok Tani Suka Makmur di kegiatan panen perdana di Dusun Bumi Rejo.

“Kami bersyukur karena bapak Bupati bersedia hadir dan memberikan bantuan bibit dan Alsintan yang tentunya sangat berguna bagi kelompok tani di desa kami," ucapnya.

Dikatakannya, Sektor pertanian adalah salah satu program unggulan pemerintah kabupaten Sekadau yang tercantum dalam program IP3K.

Ia berharap semoga nanti apa yang menjadi keluhannya dari kelompok Tani bisa di dengar langsung oleh Bapak bupati. Diantaranya keterbatasan pupuk dan bibit serta pengairan di area persawahan.

Hal senada juga di sampai Kepala Desa Timpuk, Yosep Tiyos bahwa persoalan yang di hadapi petani di Desa Timpuk adalah pupuk. Mengingat sekarang untuk pupuk subsidi sudah sangat sulit di dapatkan.

"Kalau pupuk non subsidi banyak, tapi harganya sangat mahal,“ kata Kades.

Kades juga berharap kepada petani untuk menanam komoditas yang lain dan tidak terpaku dengan hanya menanam padi. 

"Jagung harus di tanam, karena jagung yang dari kabupaten sekadau sangat sulit di dapat dan jagung yang ada kiriman dari pulau Jawa,“ ujarnya.

Ditempat yang sama, Plt Kadis DKP3, Sandae menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Desa Timpuk karena kelompok Tani di dusun bumi rejo yang akan melakukan panen raya perdana. 

"Karena ini salah satu produk unggulan kita. Yang di laksanakan dua kali panen dalam setahun. Dan mungkin bisa di tingkatkan menjadi tiga kali panen dalam satu tahun," ujarnya.

"Inilah harapan kita untuk kita pacu menuju tercapainya program IP3K unggulan kita. Seyogyanya panen dua kali setahun dan mungkin bisa ditingkatkan menjadi tiga kali dalam setahun," tambahnya. 

Bupati Aron dalam sambutannya menyampaikan ucapan Terima kasih atas undangan langsung dari Ketua Kelompok Tani Suka Makmur dan Kepala Desa Timpuk untuk menghadiri kegiatan panen raya perdana di Dusun Bumi Rejo.

"Atas nama pemerintah, saya berterimakasih kepada masyarakat Desa Timpuk yang telah ambil bagian dalam membangun kabupaten sekadau terutama di sektor pertanian. Karena petani adalah garda terdepan dalam bidang pangan di Republik Indonesia ini. Tanpa petani, kita tidak ada apa-apanya," ucap Aron.

Selain itu, sektor pertanian juga menjadi perhatian khusus dari pemerintah daerah sesuai program IP3K dan juga sesuai instruksikan dari pusat untuk menggerakkan para petani dalam peningkatan hasil produksinya dan perekonomian petani sebagai upaya pengentasan dan menghindari krisis pangan di Kabupaten Sekadau khususnya. 

Bupati juga menyampaikan bahwa pertanian merupakan program strategis pemerintah kabupaten sekadau untuk mewujudkan visi misi pemerintah menuju SEKADAU yang sejahtera dan sekadau yang bermartabat seiring dengan program IP3K.

Selain itu, Bupati juga menyinggung terkait infrastruktur jalan dari desa timpuk menuju madia sudah dikerjakan tahun lalu. Dan terkait pertanian pemerintah juga memastikan ketersediaan bibit unggul dan pupuk untuk para petani.

TerPopuler