Bupati Launching Pengaplikasian DBH Di Belitang Hulu -->

Bupati Launching Pengaplikasian DBH Di Belitang Hulu

08/08/2024, 8/08/2024
Foto: Bupati Launching Pengaplikasian DBH Di Belitang Hulu


SEKADAU - Bupati Sekadau, Aron kembali melakukan launching pemeliharaan berkala jalan Kabupaten, ruas jalan Dwikora dari Dana Bantuan Hibah (DBH) Sawit dan revitalisasi SMP Negri 01 Belitang Hulu Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun 2024, Kamis (8/8/2024) di Halaman SMP Negeri 01 Belitang Hulu.


Dalam sambutannya, Bupati mengatakan launching perawatan jalan Dwikora di Kota Kecamatan Belitang Hulu serta launching Revitalisasi 6 gedung SMP Negeri 01 Belitang merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap sarana pendidikan dan sarana lalulintas warga kecamatan Belitang Hulu.


Sejak menjadi Bupati Sekadau selama tiga tahun, pemerintah daerah kabupaten Sekadau sudah mengelontorkan dana cukup besar di tiga Kecamatan Belitang untuk perbaikan infrastruktur, meski belum semuanya baik, tapi upaya pemerintah sudah sangat baik karena tiga tahun ini sudah Rp. 52 Miliar dana untuk peningkatan infrastruktur di alokasikan ke wilayah tiga Belitang.


"Kita fokus untuk meningkatkan jalan poros dulu, karena jalan poros merupakan akses utama bagi masyarakat," kata Aron.


Selain itu Pemerintah Daerah juga sedang memperjuangkan akses listrik bagi beberapa desa di kecamatan tiga Belitang, supaya setiap tahun kita dapatkan jatah Listrik masuk desa dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).


"Hal ini kita perjuangkan demi masyarakat, karena ada terdengar suara miring, jika listrik belum masuk kami tidak ada ikut Pemilu. Berangkat dari suara seperti ini makanya kita berjuang untuk memasuki listrik bagi desa yang belum teraliri jaringan listrik untuk desa di wilayah tiga Belitang," kata Aron.


Menurut dia, ada beberapa kritikan yang disampaikan oleh masyarakat terhadap kepemimpinan dirinya bersama Pak Subandrio, namun ia tidak menampik akan kekurangan pada masa kepemimpinannya dan tidak anti kritik. Karena menurut dia, jika ada kritikan dari masyarakat itu menandakan bahwa pemerintah masih ada, karena kritikan yang baik merupakan masukan bagi pemerintah dalam mengambil keputusan.


Mengenai Revitalisasi Gedung SMP Negri Belitang Hulu, Aron mengatakan sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap dunia pendidikan, karena untuk memperoleh generasi yang baik, kita perlu menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam dunia pendidikan yang baik pula, seperti gedung sekolah dan sarana lainnya.


"Tujuannya tentu agar peserta didik merasa nyaman ketika berada di sekolah. Sebab, sebagai generasi muda, pendidikan menjadi hal yang utama untuk dipersiapkan, jika tidak disiapkan dari sekarang, makanya dampaknya tentu sangat fatal apalagi menjelang Indonesia emas tahun 2045. Generasi muda juga harus siap bersaing dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang seperti saat ini," tukasnya.


Begitu juga yang diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sekadau, Fran Dawal salam sambutannya mengatakan bahwa revitalisasi SMP negeri 01 Belitang hulu sebagai upaya pemerintah untuk menyiapkan generasi emas tahun 2045. Tujuannya adalah apabila semakin baik sarana pendidikan di sekolah maka anak-anak merasa nyaman dan betah berada di sekolah.


"Jika sudah begitu penyerapan mata pelajaran di sekolah akan lebih baik lagi. Karena untuk menyiapkan generasi yang baik, dimulai dari lingkungan sekolah yang baik. Demi menyongsong bonus demografi tahun 2045 Indonesia emas," ungkapnya.


Dikatakan dia, untuk item pekerjaan yakni rehabilitasi enam ruang kelas, ruangan Laboratoriun, rehabilitasi ruang tata usaha dan beberapa sarana lainnya dengan jumlah pagu dana Rp.1,9 Miliar untuk seluruh item pekerjaan yang ada.


Sementara itu, mewakili Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR dalam paparannya mengatakan, bahwa pelaksana kegiatan adalah CV. Indo Daya, konsultan dari Astri ananta dengan masa pengerjaan 180 hari Kalender pagu dana Rp.4,9 Miliar.


Jenis pekerjaan LPA dan LPB sampai Aspal dengan bahu jalan Beton. Star mulai dari jembatan Sungai Buaya sampai ke jembatan rangka.


"Saat ini nilai pekerjaan sudah mencapai 12 persen," ungkapnya.


Sementara itu Camat Belitang Hulu, Jihon dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan launching jalan Dwikora sudah lama dinanti masyarakat Belitang Hulu. Karena akses jalan tersebut berada di tengah kota kecamatan. Sehingga setelah di tingkatkan maka arus transportasi masyarakat bisa lancar.


"Untuk itu mewakili masyarakat Belitang Hulu saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau atas dibangunnya jalan tersebut," ucap Jihon.


Selain itu lanjut dia, sebagai alumni SMP Negeri Belitang Hulu ia juga merasa senang karena pada saat bersamaan dengan Launching jalan Dwikora, Bupati juga melaunching Revitalisasi Gedung SMP Negri 01 Belitang Hulu.


"Semoga dengan baiknya sarana pendidikan kiranya dapat menambah semangat anak-anak dalam mengikuti pelajaran di sekolah," harapnya.


Hadir pada kegiatan tersebut, Kadis PTSP Handayani, kepala BKSDM Radius, Kapolsek Belitang Hulu, Danramil Belitang Hulu, Camat Belitang, Kepala desa, perwakilan dari beberapa perusahaan, seluruh anggota BPD desa Belitang Hulu pihak Kontraktor dan penyedia jasa Revitalisasi Gedung SMP dan para undangan lainnya. 

TerPopuler