Wujudkan IP3K, Pemkab Sekadau MoU Dengan Solidaridad Network Indonesia -->

Wujudkan IP3K, Pemkab Sekadau MoU Dengan Solidaridad Network Indonesia

16/07/2024, 7/16/2024
Foto: Bupati Sekadau dan Solidaridad tandatangani MoU pembinaan petani kelapa sawit.

SEKADAU - Pemerintah kabupaten Sekadau melakukan penandatanganan naskah MoU bersama yayasan solidaridad network Indonesia terkait pelatihan pendampingan sertifikasi dan penguatan pengelolaan hutan di ruang rapat wakil bupati Sekadau Senin 15 Juli 2024.

Dalam sambutannya, Bupati Aron mengapresiasi yayasan solidaridad network Indonesia sebagai mitra strategis atas kerjasama yang telah terjalin dalam upaya mendorong peningkatan kapasitas petani kelapa sawit dan kualitas hasil panennya serta mendorong pengelolaan hutan dan agroforestri di kabupaten sekadau melalui program pelatihan pendampingan sertifikasi dan penguatan pengelolaan hutan.

"Kami melihat dengan adanya sinergi melalui kerjasama ini, pemerintah kabupaten sekadau akan memanfaatkan dengan sangat baik dalam mencapai tujuan demi kesejahteraan para petani sawit mandiri di kabupaten sekadau," ungkap Aron.

Aron juga menyampaikan bahwa komoditas kelapa sawit merupakan komoditas penting yang menunjang perekonomian kabupaten sekadau oleh karena itu pemerintah daerah sangat berkomitmen untuk memastikan keberlanjutan pengelolaan yang selaras dengan program unggulan daerah yaitu infrastruktur, perkebunan, pertanian dan perikanan untuk kesejahteraan (IP3K) serta sesuai dengan peraturan Bupati nomor 26 tahun 2022 tentang perkebunan kelapa sawit berkelanjutan kabupaten sekadau tahun 2021 sampai 2024.

Bupati juga menyebutkan kendala dalam pelaksanaan program perkebunan kelapa sawit berkelanjutan, salahsatunya sumber daya manusia (SDM).

Menurutnya, permasalahan tersebut bisa diatasi dengan kerjasama bersama pihak lain seperti Solidaridad Network Indonesia.

Penandatanganan MoU kesepakan dilakukan langsung oleh bupati Sekadau, disaksikan OPD di lingkungan Pemkab serta perwakilan yayasan solidaridad network Indonesia. (*)

TerPopuler