TP PKK Kabupaten Sekadau Kampanyekan Budaya Gemarikan -->

TP PKK Kabupaten Sekadau Kampanyekan Budaya Gemarikan

30/07/2024, 7/30/2024
Foto: TP PKK Kabupaten Sekadau Kampanyekan Budaya Gemarikan di Sungai Ayak, Kecamatan Belitang Hilir.

SEKADAU - Ketua tim penggerak pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (TP PKK) Kabupaten Sekadau, Ny. Magdalena Susilawati Aron secara resmi menutup kampanye gerakan makan ikan di Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat pada Selasa 30 Juli 2024.

Acara penutupan Gemarikan tersebut berlangsung di gedung pertemuan umum kantor camat kecamatan belitang hilir.

Kampanye Gemarikan merupakan kegiatan rutin yang diinisiasi oleh Bidang Perikanan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau di mana pada tahun 2004 ini menyasar 3 lokasi yaitu Di Kecamatan Nanga mahap dan Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Sekadau Hilir telah dilaksanakan sebelumnya dan di Sungai Ayak, Kecamatan Belitang Hilir merupakan tempat terakhir dengan kegiatan kampanye gemar ikan kabupaten Sekadau tahun 2024.

Dalam laporan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau yang dibacakan oleh PLT Kepala Bidang Perikanan, Rahim.,SP menjelaskan bahwa pada tahun ini kegiatan Gemarikan tidak bisa menjangkau seluruh kecamatan yang ada di Sekadau.

"Mudahan tahun depan kita bisa melaksanakan kegiatan ini di 7 kecamatan yang ada di kabupaten Sekadau," pungkasnya.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat Kabupaten Sekadau khususnya dan Indonesia umumnya serta mendukung penanganan stunting dan gizi buruk pada tahun 2023 angka konsumsi ikan di Sekadau mencapai 44,53 kg per kapita (setara ikan utuh segar), jika dibandingkan dengan angka nasional maka kita masih di bawah yaitu 58,76 kg per kapita.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka dilaksanakan berbagai upaya untuk menggerakkan masyarakat agar mengkonsumsi ikan segar atau ikan yang telah diolah menjadi makanan dengan target kegiatan adalah anak-anak balita, remaja, calon ibu hamil dan ibu yang menyusui.

Sementara dalam kegiatan kali ini mengundang pelajar, guru dan orang tua dari TK Pulau beginsit, TK Santo Yosep, PAUD insan cinta dan TK negeri pembina sungai ayak.

Sementara ketua PKK Kabupaten Sekadau dalam sambutannya mengatakan gerakan makan ikan merupakan salah satu inisiatif Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau untuk meningkatkan pola makan sehat di kalangan masyarakat.

Kampanye ini bertujuan untuk mengenalkan manfaat kesehatan dari konsumsi ikan yang kaya akan protein dan omega3 serta mendorong masyarakat agar lebih sering mengonsumsi ikan dalam menu sehari-hari mereka karena ikan ini mengandung protein dan gizi yang baik untuk perkembangan kecerdasan anak.

"Masalah stunting pada balita merupakan dampak yang serius dari kekurangan gizi yang kronis selama 1000 kehidupan pertama," sebutnya.

"Mereka punya cita-cita yang perlu kita dukung, anak usia dini mulai saat ini mari kita pergi makan ikan karena mereka merupakan agen perubahan bagi kita di masa mendatang. Ikan memiliki gizi dan mineral yang sangat baik bagi tubuh. Sekali lagi bagi orang tua biasakan anaknya untuk makan ikan," ajaknya.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pembagian bingkisan berupa produk makanan dari daging ikan kepada seluruh pelajar PAUD dan TK yang diserahkan secara simbolis oleh ketua TP PKK, Camat, Wakapolsek dan Kepala Puskesmas Belitang Hilir kepada perwakilan masing-masing sekolah.

Mengakhiri acara, seluruh peserta kegiatan diajak untuk mencicipi beberapa menu makanan olahan daging ikan yang telah disediakan oleh panitia.

Turut hadir pada kegiatan tersebut camat belitang hilir, pejabat yang mewakili kepala kepolisian sektor belitang hilir, ketua TP PKK belitang hilir dan kepala Puskesmas belitang hilir.

TerPopuler