Sesuai Komitmen, Pemkab Sekadau Bangun 5 Rumah Adat -->

Sesuai Komitmen, Pemkab Sekadau Bangun 5 Rumah Adat

05/07/2024, 7/05/2024
Foto : Pemkab Sekadau Bangun 5 Rumah Adat


SEKADAU - Selama masa jabatannya, Bupati Sekadau Aron ungkap sudah ada lima rumah adat yang dibangun untuk masyarakat. Komitmen mewujudkan Kabupaten Sekadau yang bermartabat. 


Hal itu disampaikan Aron, saat meresmikan Balai Adat Beliung Bangkal Dusun Sungai Kunyit, Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalbar, Jumat 5 Juli 2024. 


"Di masa jabatan kami kurang lebih 3 tahun, kami sudah membangun 5 bangunan rumah adat dari program pemerintah, ini salah satu wujud program mewujudkan Sekadau bermartabat. Kita semua paham falsafah orang tua jaman dulu, hidup dikandung adat, mati dikandung tanah. Maka hal-hal seperti ini berkewajiban melestarikan adat dan budaya di tempat masing-masing," kata Aron. 


Dia menuturkan pembangunan rumah adat menjadi salah satu fokus pemerintah daerah. Hal itu karena bangunan rumah adat tersebut sangat dibutuhkan masyarakat, mengingat segala aktivitas skala desa juga dilaksanakan di rumah adat tersebut. 


"Artinya memang rumah adat ini betul-betul digunakan untuk berkumpul dan melestarikan adat istiadat dan harapan pemerintah adalah ke depan semakin banyak rumah adat yang kita bangun, semakin banyak adat budaya yang kita lestarikan, karena paling tidak seperti misalnya Bali itu, sebagian besar pendapatan devisa negara itu dari wisata adat budaya," lanjut Aron. 


Dia menyebut ketika Pemkab Sekadau bersama kades dan BPD se-Kabupaten Sekadau melaksanakan studi banding ke Bali, memberikan cerminan bagaimana pemerintah setempat memanfaatkan budaya sebagai destinasi wisata. Menurut Aron hal itu tidaklah mustahil diterapkan di Kalbar dan Sekadau, sehingga bisa mendatangkan turis lokal dan mancanegara yang kemudian berperan besar dalam PAD. 


Bupati Sekadau itupun mengajak masyarakat untuk bersama-sama melestarikan adat dan budaya sehingga bisa menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Sekadau. 


Sejalan dengan hal itu, Pemkab Sekadau juga terus berupaya melaksanakan program pembangunan IP3K, di mana sebagian besar sudah direalisasikan terutama pembangunan infrastruktur. Walaupun dengan keterbatasan anggaran, tapi pemda dengan seluruh jajaran, berkomitmen mewujudkan Kabupaten Sekadau ke depan menjadi Sekadau yang lebih baik, maju, sejahtera dan juga bermartabat. 


"Itu terus yang kita gaungkan agar setiap kerja pemda fokus pada bagaimana berpikir Sekadau lebih maju, sejahtera, bermartabat. Ini konsen pemda," pungkas Aron. 


Sekadau, Pemkab Sekadau 

TerPopuler