Pemprov Apresiasi Gawai Dayak, Bupati Aron; Agenda Rutin Pelestarian Budaya -->

Pemprov Apresiasi Gawai Dayak, Bupati Aron; Agenda Rutin Pelestarian Budaya

23/07/2024, 7/23/2024
Foto: Pembukaan Pekan Gawai Dayak Ke 13 Kabupaten Sekadau di Betang Youth Center Jalan Panglima Naga Sekadau Hilir.


SEKADAU - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Kalimantan Barat Drs. Junaidi, mewakili Gubernur Kalimantan Barat, hadiri pembukaan Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau di Rumah Betang Youth Center Sekadau, Selasa 23 Juli 2024.


Mewakili Gubernur Kalbar, Drs. Junaidi menyampaikan ucapan selamat atas dilaksanakan kegiatan Gawai Dayak, khususnya kepada masyarakat suku Dayak di Kabupaten Sekadau. Dia mengatakan acara tahunan ini merupakan event budaya dan tradisi yang harus dijaga dan lestarikan. 


Selain sebagai momen meningkatkan rasa syukur kepada Tuhan. Gawai Dayak juga menampilkan berbagai kegiatan yang melibatkan adat dan budaya Dayak, termasuk tarian tradisional, musik, permainan rakyat dan seni. 


"Maka saya mengajak kita semua untuk bergabung dan merayakan kekayaan warisan budaya Dayak yang unik dan berharga ini, " ujarnya. 


Pada era globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat saat ini, kita dihadapkan dengan berbagai tantangan termasuk potensi tergerusnya nilai-nilai budaya lokal. Namun Gubernur Kalbar yakin dengan semangat persatuan dan kesatuan kita mampu melestarikan adat dan budaya Dayak agar tetap lestari dan menjadi identitas bangsa yang membanggakan. 


Menurutnya kita harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi memperkenalkan budaya Dayak kepada dunia luas sekaligus melindungi daru pengaruh budaya luar yang negatif. Kita juga dapat menggunakan teknologi untuk mengembangkan ekonomi kreatif berbasis budaya Dayak. Hal ini akan membuka peluang baru bagi masyarakat Dayak untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup. 


Lebih dari itu, Pemprov Kalbar berkomitmen mendukung pelestarian budaya dan tradisi, Pemprov akan terus bersinergi dengan berbagai pihak agar untuk menjaga dan melestarikan budaya ini agar tetap lestari dan dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang. 


Pemprov juga berkomitmen untuk mendorong berbagai upaya pengembangan dan perkembangan pariwisata di Kalbar. Terkait dengan mengembangkan infrastruktur pariwisata, meningkatkan aksesibilitas, mengoptimalkan promosi pariwisata. 


Oleh karena itu, semua pihak diajak untuk terus melakukan upaya-upaya strategis dan berkelanjutan untuk meningkatkan perkembangan pariwisata dan budaya di Kalbar. Agar terus berlanjut, dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat, menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif. 


Mengakhiri sambutan, Junaidi mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemkab Sekadau yang telah mempersiapkan kegiatan ini hingga berjalan dengan baik. Dia mengajak masyarakat Dayak Sekadau untuk menciptakan dan membangkitkan citra positif melalui Gawai Dayak. 


"Bagi masyarakat Dayak selamat merayakan gawai Dayak semoga memberikan manfaat dan kebaikan bagi kita semua. Mari kita tingkatan semangat kebersamaan dan kerukunan dalam keberagaman demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa serta stabilitas keamanan di Kalbar yang semakin kondusif. Ingat dan camkan pesan ketua DAD Kalbar, bahwa Adat adalah damai sejahtera dan bahagia, ini pesan yang sangat mendalam,"pungkasnya.


Menanggapi ungkapan dari Pemprov Kalbar, Bupati Sekadau , Aron mengucapkan terimakasih atas kehadiran pihak Pemprov Kalbar pada kegiatan pelestarian budaya Gawai Dayak Ke 13 Kabupaten Sekadau tahun 2024.


"Terimakasih kami ucapkan kepada Pemprov Kalbar atas support dan dukungannya. Pekan Gawai Dayak merupakan salah satu agenda rutin Pemkab Sekadau dalam upaya pelestarian budaya di Bumi Lawang Kuari," ujar Aron.

TerPopuler