Krisis Iklim, Pemkab Sekadau Gelar Aksi Tanam Pohon Momen HLH Sedunia 2024 -->

Krisis Iklim, Pemkab Sekadau Gelar Aksi Tanam Pohon Momen HLH Sedunia 2024

02/07/2024, 7/02/2024
Foto: Penanaman pohon dalam peringatan hari lingkungan hidup sedunia di dusun engkorong.

SEKADAU - Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sekadau menyelenggarakan aksi tanam pohon dengan mengusung 'Tema Penyelesaian Krisis Iklim Melalui Inovasi Dan Prinsip' di Dusun Engkorong, Desa Sungai Sambang, Kecamatan Sekadau Hulu, Senin (2/7/2024).

Aksi tanam pohon ini merupakan hasil kerjasama antara Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sekadau, PT. Agro Andalan, UPT Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Wilayah Sekadau, dan Bank Kalbar.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sekadau, Apeng Petrus, kegiatan tanam pohon ini tidak hanya sebagai bentuk komitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup, tetapi juga sebagai langkah konkret dalam menghadapi krisis iklim global.

"Kami percaya bahwa inovasi dan prinsip yang terintegrasi dalam kegiatan ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap lingkungan hidup di Sekadau," ujar Kepala Dinas.

Bupati Sekadau, Aron. SH, dalam sambutannya menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam menghadapi krisis iklim saat ini.

"Penanaman pohon bukan hanya bertumpu pada pemerintah dan masyarakat saja, tapi harus menjadi tanggungjawab semua pihak, swasta dan lembaga lainnya dalam mengurangi dampak krisis iklim saat ini," kata Bupati.

Selain kegiatan tanam pohon tersebut juga diisi dengan pembagian susu, peralatan sekolah, dan perlengkapan olahraga bagi anak sekolah. Pembagian ini dilakukan langsung oleh Bupati Sekadau, sebagai wujud perhatian dan dukungan terhadap pendidikan serta kesejahteraan anak-anak di Kabupaten Sekadau.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam memanfaatkan inovasi dan prinsip yang berkelanjutan dalam pelestarian lingkungan hidup. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sekadau berharap agar kolaborasi antara pemerintah, perusahaan swasta, dan masyarakat terus ditingkatkan guna mencapai tujuan bersama dalam menjaga ekosistem dan keseimbangan alam.

Penekanan pada tema penyelesaian krisis iklim pada momen Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024 juga menggarisbawahi urgensi perlindungan lingkungan hidup bagi generasi masa depan. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat menjadi tonggak dalam upaya pelestarian alam yang berkelanjutan.

Turut serta dalam kegiatan ini, Kapolres Sekadau, Perwakilan Dandim 1204 Sanggau, Direktur RSUD Sekadau, serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Kabupaten Sekadau.

TerPopuler