Disdik Sekadau Ungkap Kekurangan Tenaga Pendidik -->

Disdik Sekadau Ungkap Kekurangan Tenaga Pendidik

28/07/2024, 7/28/2024

 

Foto: Ilustrasi Proses Belajar Mengajar

SEKADAU - Kekurangan tenaga pendidik di Kabupaten Sekadau masih sekitar 700 orang. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sekadau ungkap jumlah bisa berubah setiap tahunnya, Minggu, 28 Juli 2024.


Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sekadau, Yustina Yusi menjelaskan pada rekrutmen CPNS dan PPPK tahun 2024, Dinas Pendidikan hanya mengajukan formasi guru PPPK sekitar 700 formasi. Meskipun sampai saat ini belum ada kejelasan jumlah formasi yang diberikan untuk Sekadau dari pemerintah pusat. 


"Jumlah tenaga pendidik saat ini, 3090 yang terdiri dari PNS, tenaga kontrak dan honorer. Masih ada kekurangan tenaga pendidik, kalau dari data terakhir ada sekitar 700 san," kata Yustina. 


Yustina menyebut, setiap tahun pasti ada perubahan jumlah kebutuhan tenaga pendidik, karena tenaga pendidikan ini juga bergantung dengan jumlah siswa dan jumlah guru pensiun. Sehingga tidak berpatok dengan dengan angka yang sama setiap tahunnya. Perubahan itu dipastikan ada mengingat sebagian besar tenaga pendidik di Kabupaten Sekadau sudah tergolong guru senior yang akan segera pensiun. 


Sementara itu, pemerintah pusat hingga provinsi diketahui belum mengeluarkan data terkait jumlah formasi tenaga pendidik dalam rekrutmen CPNS dan PPPK tahun 2024. 


TerPopuler