Wujudkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Sekolah, Satgas Saber Pungli Gelar Sosialisasi di Kantor Bupati Sekadau -->

Wujudkan Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Sekolah, Satgas Saber Pungli Gelar Sosialisasi di Kantor Bupati Sekadau

13/06/2024, 6/13/2024
Foto: Sosialisasi Transparansi dan Akuntabilitas Pengelola Keuangan di Sekolah dalam Rangka Upaya Pencegahan Pungli di Aula Lantai II Kantor Bupati Sekadau.

SEKADAU - Bertempat di Aula Kantor Bupati Sekadau di Jalan Merdeka Timur, Tim Saber Pungli Kabupaten Sekadau, melaksanakan kegiatan Sosialisasi dengan tema "Transparansi dan Akuntabilitas Pengelola Keuangan di Sekolah dalam Rangka Upaya Pencegahan Pungli" pada Kamis (13/6/2024), yang diikuti oleh 118 perwakilan kepala sekolah dari seluruh Kabupaten Sekadau.

Sosialisasi dibuka oleh Bupati Sekadau yang diwakili Asisten II, Sandae. Dalam sambutannya, ia menyampaikan apresiasi kepada Satgas Saber Pungli Kabupaten Sekadau yang telah berperan aktif dalam upaya pencegahan pungli.

"Langkah konkret untuk mencegah pungli adalah transparansi, akuntabilitas, komitmen pimpinan, serta kerja sama masyarakat. Semoga dengan sosialisasi ini kita dapat mencegah dan menanggulangi praktik pungli. Mari bersama-sama menciptakan lingkungan yang bersih dari pungli," ujarnya.

Wakapolres Sekadau, Kompol Riko Syafutra, menyampaikan informasi mengenai rapat koordinasi Satgas Saber Pungli pusat yang telah dilaksanakan pada 12 Juni 2024. Rapat tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan pemberantasan pungli di Indonesia dengan meningkatkan peran serta lembaga dan pemerintah daerah serta masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Kompol Riko juga memperkenalkan aplikasi Silapor dan Siduli yang telah diluncurkan untuk mencegah pungli dan memungkinkan masyarakat melaporkan dugaan pungli secara langsung.

"Kita harus berkomitmen mewujudkan pelayanan terbaik bagi peserta didik di Kabupaten Sekadau tanpa adanya pungli," tegas Kompol Riko.

Kompol Riko juga mengajak peserta sosialisasi untuk berdiskusi dan menyampaikan kendala yang dihadapi dalam upaya pemberantasan pungli, dengan harapan kegiatan ini dapat mengoptimalkan pelayanan publik, khususnya di bidang pendidikan di Kabupaten Sekadau.

Foto: Fakta integritas penolakan Pungli.

Sosialisasi ini diakhiri dengan penandatanganan Fakta Integritas sebagai simbol komitmen bersama untuk menolak pungli, diikuti dengan paparan dari Satgas Saber Pungli Kabupaten Sekadau.

Diharapkan sosialisasi ini dapat memberikan wawasan lebih dalam mengenai strategi dan langkah konkret yang dapat diambil untuk memastikan pengelolaan keuangan sekolah yang transparan dan akuntabel. Hal ini akan mengantarkan Kabupaten Sekadau menuju sekolah bebas pungli dan transparan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Inspektorat Kabupaten Sekadau, Inspektur Awan Yudha Setiawan, Kasi Datun Kejari Sekadau M. Nur Suryadi, Kepala Dinas Pendidikan Frans Dawal, Kasat Reskrim Polres Sekadau IPTU Kuswiyanto, serta Danramil 1204-14/Sekadau Hilir Lettu Inf Hendrikus. (Red/Rls)

TerPopuler